Kamis, 13 Januari 2011

Arti kata Addinul akli





Arti menurut bahasa din itu adalah agama sedangkan akli adalah akal,pemikiran,pemahaman terhadap sesuatu yang masih bersipat abstrak.secara  ma’nawi addinul akli itu adalah agama tidak bertentangan dengan akal atau agama dipaham sejalan dengan akal.
Namun tidak sedikit orang yang memahami agama itu adalah akal, artinya prodak akal itu adalah agama . ini keliru besar, sebab akal adalah hanyalah alat untuk lahirnya sebuah produk sedangkan agama adalah wahyu dari sang pencipta termasuk akal adalah hasil dari ciptaannya.
Maka prodak yang dihasilkan agama lebih tinggi derajatnya dari yang diciptakan akal manusia, contoh :
Senam pagi sebuah kegiatan olahraga adalah produk akal dari segi kemamfaatannya tidak diragukan . Solat yang lima waktu adalah juga sebuah kegiatan gerak tubuh ini adalah prodak wahyu yang dikatakan orang yang mengamalkan secara continue pasti orang itu sehat baik jasmani maupun rohaninya, ternyata hal ini dibenarkan oleh akal, inilah yang dimaksud agama sejalan dengan akal.
Banyak orang yang memiliki pengetahuan tentang agama akan tetapi sedikit pengetahuan tentang akalnya maka orang itu cenderung kaku didalam implementasinya , dan banyak orang sedikit pengetahuan tentang agamanya akan tetapi memiliki banyak pengetahuan tentang akalnya maka orang ini mempunyai kecenderungan prodak akalnya seolah olah sebuah kebenaran yang haqiqi lebih cenderung didalam menilai akan sesuatu menitik beratkan pada akalnya, realita dan pakta adalah sebuah kebenaran dan sesuatu yang prahmatis dianggap sebuah kebenaran dan lumrah .
Yang benar adalah orang  yang memiliki pengetahuan agama dan juga memiliki pengetahuan yang sejalan dengan agama dia adalah pasti didalam memahami akan sesuatu  berimbang dan adil, karena pada hakekatnya agama tidak bertentangan dengan akal dari sisi apapun, contohnya :
Orang yang dihukum mati oleh hakim karena paktanya memenuhi apa yang disyaratkan oleh hukum dia akan menerima pakta hukum itu dan akan menjalaninya dan dia mempunyai keyakinan bila paktanya itu benar maka hukuman itu sebagai kiparat bagi dia dan apabila ternyata hukuman itu tidak benar maka seluruh dosanya akan ditanggung oleh yang terlibat didalam perkaranya dengan kata lain hukuman itu salah alamat atau tidak tepat .
Akan tetapi orang tidak boleh menentukan sesuatu keputusan dengan apa menurut kata hatinya/ nuraninya, ini sangat berbahaya dikarenakan nurani tidak bisa dibuktikan dengan serta merta. 
Yang paling benar adalah penetapan hukuman yang dibenarkan oleh wayu dan terbukti  paktanya memenuhi persyaratan alias cukup bukti untuk dihukum apa yang dituntutkan kepadanya .
Hukumuloh adalah hokum Alloh yang terjadi pada seseorang apabila hokum itu tidak bisa ditegakan oleh manusia yang bentuknya tidak persis sama .
Rosululloh bersabda : kerjakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara ya’ni :
1.pergunakanlah waktu hidupmu sebelum datang kematian kepadamu,
2,pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang sakit kepadamu,
3.pergunakanlah waktu luangmu sebelum datang kesibukan padamu,
4.pergunakanlah waktu mudamu sebelum datang masa tua padamu ,
5.pergunakanlah masa kayamu sebelum datang kemiskinan padamu.
Pemahaman saya hadits ini berhubungan dengan ibadah, baik ibadah yang mahdoh maupun yang goir mahdoh.
Kewajiban pada setiap orang yang beriman ,Rosul bersabda : engkau mengucapkan dua kalimah syahadat, engkau melaksanakan solat yang lima waktu dalam sehari semalam kecuali engkau mau yang sunahnya, engkau membayar zakat, engkau berpuasa dibulan romadhon dan engkau berhaji kebaitullah jika mampu.demikian dikatakan kepada arab gunung yang bertanya apakah yang harus saya perbuat ?  orang itu berkata : demi Allah aku tidak akan menambah atau menguranginya sedikitpun dari pada itu, maka Rosul bersabda : jika ia benar maka ia akan masuk surga .
Uraian dari hadits lima point tsb diatas :
1.Ber -amal ibadah itu sewaktu masih hidup, tidak ada kewajiban sesudah nyawa berpisah dengan badan kita, berbuatlah sesuatu yang adil bagi dirimu dan juga bagi orang lain, baik melalui lisan, tulisan dan lebih utama dengan perbuatan dan jika seandainya hatsrat keinginan itu hanya tercetus dalam hati tidak terbukti menjadi hasil karya maka itu dikatakan iman yang paling lemah.
Amalan yang paling sempurna menurut Rosul adalah membangun sarana dan prasarana untuk diri dan orang lain dan mewakapkanya untuk kepentingan umum.
Rosul bersabda : idza mata alal insane inkotoa amaluhu illa salasin jika manusia mati maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara yang pertama sodaqoh jariayah wakap untuk sarana ibadah baik mahdoh maupun goir mahdoh.yang kedua au ilmin yuntapaku bihi Yani ilmu yang bermanpaat bagi diri dan bagi orang lain. Dan yang ketiga  waladun solihun yad’u lahu ya’ni anak yang solih yang mendo'akan .
Jika yang ketiga tiganya ada pada diri kita maka itulah yang terbaik namu berbuatlah minimal ada satu diantara yang ketiganya itu .
2.pergunakanlah waktu sehatmu sebelum datang sakit padamu, artinya segala sesuatu aktipitas itu akan menjadi baik apabila dikerjakan dalam keadaan sehat walafiyat, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sehat disini yani sehat rohani dan jasmaninya .
3.pergunakanlah waktu luangmu sebelum datang sibuk kepadamu,maksudnya untuk beribadah misalnya waktu kita sedang berada dirumah sangat berbeda ketika kita sedang berada dikantor atau ditempat lain yang haq haq kita dibatasi oleh haq orang lain .
4.pergunakanlah waktu mudamu sebelum datang ketuaan padamu, artinya selagi muda itu serba mungkin, serba bisa maka arahkanlah untuk beribadah kepada yang maha kuasa dan segala sesuatu aktipitas itu bila didasari oleh niat semata mata ingin mendapat ridho  Allah maka akan mendapat pahala asal tidak menyimpang dari perintah Allah .
5.pergunakanlah masa/waktu kayamu sebelum jatuh miskin, artinya kekayaan itu kan berkuasa orang berpendapat uang berkuasa itu benar, uang itu segalagalanya itu benar, akan tetapi banyak orang yang salah didalam memperolehnya dan juga didalam memampaatkannya, maka kadang kadang berakhir dengan tragis.
Kesimpulan dari kelima perkara ini adalah sebuah proses menuju sukses didunia dan akhirat, maka orang menyebutnya adalah Managemen.

Management itu adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan dengan hasil yang ditentukan dan dengan waktu yang telah ditentukan .Orangnya disebut manager karyanya disebut FOAK yaitu hasil otaknya berupa perencanaan, pengorganisasian, pendanaan dan juga control dari si manager itu .
Jadi segala sesuatu jika diminij dengan baik sesuai dengan keahliannya masing masing the right men on the right place atau on theright  job hasilnya akan baik . Kata nabi serahkan pekerjaan itu pada ahlinya dan jika tidak tinggal tunggu saja kehancuran .
Demikian diringkas.

1 komentar: