Selasa, 01 Februari 2011

Jangan engkau turut apa yang engkau tidak tahu.

didalam Al-qur'an Allah berfirman : wala taqfuma laisa laka bihi ilmu, inna sab'a wal bashoro wal fuadza kullu ula ika kana anhu mas ula , Artinya: jangan engkau turut apa yang engkau tidak tahu, sesungguhnya pendengaran,penglihatan bahkan hati sekalipun akan ditanya dari hal turutnya.(Al-qur'an surat Al-Israa ayat 36).-

Dan wa in tu'ti aksaro man fil ardhi, yudhilluka an sabilillah, in yattabiuna illa adonna wa in hum yakh rushun.(surat Al-an'am ayat 116)
artinya: Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang orang yang dimuka bumi ini,niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka dan mereka tidak lain hanyalah berdusta ( terhadap) Allah.

Penjelasan ayat yang pertama berma'na umum, artinya menyuruh kita selektip tak boleh sembarangan mengikuti hal hal yang ada kaitannya dengan amalan ibadah karena pada akhirnya kita akan dihisab atau diminta pertanggungan jawab dihapan Allah Swt. dari hal turutnya.

Sedangkan Surat Al-An'am ayat 116 melarang kita mengikuti (menuruti)kebanyakan orang orang (didalam beribadat) tanpa disertai dalil syar'i yang kuat dari Al-qur'an dan hadits.mereka hanyalah mengikuti dalil dalil logika saja ayat ini ditutup dengan menyebutkan "  dan mereka tidak lain hanyalah berdusta ( terhadap Allah).

( tafsir ayat ini dibuat/ ditulis secara bebas dengan memperhatikan kata demi kata dalam Ayat, artinya belum ada pengakuan akademis atau rujukan degan pendapat lainnya.(menunggu koment).

0 komentar:

Posting Komentar